Ide Bisnis

Ide bisnis banyak sekali diluar sana…
ketika kita peka dan tanggap dengan lingkungan sekitar kita, sebenarnya kita bisa menemukan berbagai macam ide bisnis yang bisa dilakukan…

Yang menjadi permasalahan utama, adalah bahwa sebagian besar orang hanya hingga tahap TAHU tanpa ACTION…
Padahal kunci utama nya yaitu “Knowing is nothing, but Doing is everything”
Smoga peluang-peluang ini, bisa anda lakukan sesuai dengan kesempatan dan kesanggupan dari anda masing masing :

1. Agen Langganan Majalah/Koran
Silahkan bertanya kepada agen-agen besar majalah atau surat kabar, apakah mereka akan memberikan komisi jika dicarikan pelanggan. Untuk surat kabar, yang saya tahu memberikan beberapa persen untuk orang yang mencarikan langgan. Lakukan banyak promosi baik melalui iklan maupun secara langsung dengan keliling atau dengan menggunakan telepon.

2. Baju Balita
Anak balita adalah anak yang sedang mengalami pertumbuhan cepat. Ini peluang untuk menjual beli baju bekas anak balita. Saingan Anda ialah pedagang baju anak balita yang masih baru. Tetapi tidak ada salahnya untuk dicoba.

3. Belanja Profesional
Untuk barang-barang tertentu banyak orang yang belanja dalam periode tertentu. Untuk orang yang sangat sibuk, pensiunan, atau orang yang ingin santai, belanja bisa mengganggu waktunya. Oleh karena itu tawarkan jasa Anda kepada mereka untuk berbelanja. Bayaran untuk Anda bisa persentase dari total belanja, atau dalam ukuran berat belanjaan dan sebagainya.

4. Biro Bakat
Cari orang-orang yang memiliki bakat tertentu seperti sulap, penyanyi, pemain akrobat, dan sebagainya. Kemudian cari orang atau kelompok yang memerlukan jasa mereka, misalnya untuk pesta ulang tahun, pesta khitanan, perayaan, dan sebagainya. Anda akan mendapatkan uang dari komisi.

5. Bisnis Kain Sisa
Dengan sedikit usaha dan keterampilan kain sisa bisa menghasilkan uang. Caranya dengan dijadikan barang yang berdaya guna, seperti selimut, taplak meja, atau tas. Kain-kain sisa tersebut disatukan dengan cara dijahit. Tidak perlu takut akan jelek, selimut, taplak meja, atau pun tas tidak harus dibuat dari kain yang utuh. Malahan hasilnya akan tampak indah.

6. Bisnis Lilin
Bisnis ini dapat dimulai dari hobi Anda membuat lilin dalam bentuk bervariasi untuk menghiasi rumah Anda. Namun kreativitas Anda tersebut dapat dikembangkan lebih jauh dengan terus berkreasi mencipta bentuk-bentuk baru atau dapat Anda tambahkan aroma-aroma tertentu pada lilin tersebut lalu ditawarkan ke pasaran.

7. Bisnis Perangko
Kalau Anda memiliki banyak teman yang sedang diluar negeri, Anda bisa menitip perangko dari luar negeri dalam berbagai tipe dalam jumlah banyak. Kemudian Anda susun dalam bentuk paket untuk dijual kepada para penggemar perangko pemula. Banyak orang yang mengumpulkan perangko dari berbagai luar negeri. Cara lain untuk mendapatkan perangko luar negeri ialah dengan memiliki sahabat pena dari luar negeri.

8. Buka Toko
Modalnya gede tuch…. Memang jika tidak tahu strateginya. Jika Anda sudah memiliki tempat yang bagus, maka manfaatkanlah untuk membuka toko. Modal hanya diperlukan untuk modifikasi tempat Anda dan perijinan. Barang dagangannya bagaimana? Carilah orang yang mau consinyasi dengan Anda, itu tuch, orang yang mau menitipkan barang kepada Anda, Anda hanya membayar setelah barang itu laku.

9. Bungkus Besar jadi Bungkus Kecil
Belilah suatu produk dengan jumlah yang besar, kemudian bungkuslah dengan bungkus yang kecil dan jualah. Anda bisa menetapkan keuntungan sebesar 50 – 100% dari harga pembelian. Cobalah Anda main ke pusat grosir, lihat-lihat apakah ada barang grosiran yang harga terjangkau oleh Anda. Mulailah dari kecil dulu sambil melihat barang apa yang laku keras dijual dalam bentuk eceran.

10. Daftar Alamat Surat
Mungkin belum marak di Indonesia dengan pemasaran langsung. Yaitu pemasaran yang menggunakan surat melalui pos. Tetapi tidak ada salahnya dicoba. Kumpulkan sebanyak mungkin alamat-alamat surat. Akan lebih baik alamat surat tersebut dikelompokan kedalam berbagai minat. Anda bisamenjual atau menyewakan daftar alamat tersebut. Kepada siapa Anda menawarkan daftar alamat tersebut? Ke berbagai perusahaan atau individu yang menawarkan jasanya melalui pemasaran langsung.

11. Daftar Kerja Paruh Waktu
Cari lowongan kerja paruh waktu sebanyak mungkin, kemudian ketik rapi dengan komputer, dan kemas yang baik. Iklankan di iklan baris surat kabar. Anda mendapatkan uang dari menjual informasi tersebut.

12. Distributor Brosur
Yaitu pemberi jasa dalam menyebarkan brosur, contoh produk, kupon, pengumuman, promosi, ke rumah-rumah, orang-orang ditempat ramai dan mobil ditempat parkir.
Jasa ini bisa diberikan kepada agen iklan atau pengusaha.

13. Hobby Centre
Anda punya hobi? Kenapa tidak membentuk pusat hobi? Pusat hobi adalah tempat berkumpulnya orang-orang yang memiliki hobi yang sama. Anda bisa mendapatkan uang dari penjualan barang-barang yang berhubungan dengan hobi tersebut atau menyewakan tempat bagi orang yang membutuhkan tempat untuk melakukan hobinya.

14. Jasa Pembersihan
Anda mungkin sudah mengenal cleaning service, Anda pun bisa juga melakukan hal yang sama. Bedakan dengan cleaning service yang sudah ada. Misalnya jika pada umumnya orang hanya membersihkan bangunan, Anda bisa menawarkan untuk membersihkan yang lainnya, misalnya mobil
dan sebagainya. Jika kebanyakan menawarkan jasa kepada perusahaan-perusahaan, kenapa tidak coba menawarkan kepada rumah-rumah tempat tinggal.

15. Jasa Pembukuan
Jika Anda memiliki keahlian dalam hal pembukuan, coba tawarkan kepada orang-orang atau pengusaha kecil yang membutuhkannya. Jasa yang ditawarkan bisa berupa mendesain sistem atau opersional sehari-hari.

16. Jasa Penulisan
Jika Anda memiliki komputer, bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang tambahan, yaitu memberikan jasa pengetikan. Masih sedikit yang memiliki komputer dan kadang orang males untuk mengetik dengan jumlah banyak atau karena sibuk mengurus hal yang lainnya. Ini bisa menjadi peluang mendapatkan penghasilan tambahan.

17. Jasa Pertukangan.
Tawarkan jasa perbaikan-perbaikan kepada orang-orang yang tidak bisa atau tidak memiliki waktu. Iklankan secara jelas jasa apa yang Anda tawarkan, jaga janji Anda dan berikanlah garansi. Prioritaskan pada jasa-jasa dengan bayaran mahal.

18. Jasa Pialang Percetakan
Mencari pekerjaan percetakan. Bekerja sama dengan percetakan yang ada di daerah Anda, kemudian
mencari orang atau perusahaan yang butuh jasa tersebut. Anda mendapatkan uang dari persentase setiap order yang Anda usahakan.

19. Jual Barang Bekas
Sekarang orang sudah tidak malu lagi membeli barang bekas. Lihat saja sekarang ada toko barang bekas yang cukup besar dan megah, kenapa Anda tidak? Perlu Anda jajaki karena pelaku bisnis tersebut masih sedikit. Anda tidak perlu membeli barang, cukup dengan sistem konsinyasi.

20. Jual Beli Mebeul
Yaitu membeli mebeul bekas kemudian diperbaiki dan dijual kembali. Anda perlu hati-hati dalam memilihnya, jangan yang rusak berat, pilih yang hanya perlu pemolesan saja dan perbaikan-perbaikan kecil. Mebeul jati kuno bisa dijual dengan harga yang cukup tinggi jika kondisinya masih bagus.

21. Kaligrafi
Belajarlah seni menulis indah baik Arab maupun Latin. Anda bisa memperindah hiasan, kerajinan, dan kartu selamat dengan tulisan kaligrafi. Selain memperindah, tulisan Anda bisa berisi ucapan selamat yang ditujukan khusus kepada seseorang sesuai dengan pesanan pelanggan. Jika cukup modal bisa ditampilkan di media masa sebagai promosi.

22. Kartu Selamat
Desain dan mencetak kartu-kartu ucapan seperti selamat ulang tahun, selamat tahun baru, selamat Idul Fitri dan sebagainya. Anda bisa mencetak dalam format standar atau dalam format sesuai dengan pesanan.

23. Konsultan Mobil Bekas
Anda mengerti mesin mobil? Tawarkan jasa sebagai konsultan pembelian mobil bekas. Banyak orang yang takut tertipu saat membeli mobil bekas. Jadilah nasihat yang bijak dan jujur bagi orang yang memerlukan jasa Anda. Ide ini memerlukan kejujuran yang tinggi dari Anda.

24. Layang-layang
Anda bisa menghasilkan uang dari layang-layang. Jika Anda bisa menjual dalam jumlah banyak hasilnya akan lumayan. Yang perlu dilakukan ialah Anda membuat berbagai layangan dengan model yang unik dan menarik. Variasi layang-layang bisa dari segi bentuk, warna, gambar, cara terbang, dan
sebagainya. Jangan lupa jual juga berbagai macam asesorisnya. Jangan menunggu bola saat Anda mempromosikannya, Anda harus aktif mempromosikan layang-layang Anda, baik melalui iklan atau demo. Namun perlu hati-hati bisnis layang-layang adalah musiman.

25. Membuat Mainan
Sekali lagi kreatifitas yang berperan, jika Anda cukup kreatif dalam membuat sesuatu, cobalah membuat berbagai mainan yang unik dan belum pernah ada. Buat permainan yang semenarik mungkin, berpikirlah seperti anak-anak, tanyakan pada diri sendiri, kira-kira permainan yang bagaimana yang disukai anak-anak. Pikirkan mainan yang bisa diproduksi dengan mudah, atau mudah mencari orang untuk mengerjakannya. Buat terlebih dahulu beberapa contoh, kemudian buat brosur. Tawarkan kepada berbagai toko mainan, atau toko Anda sendiri.

26. Mendaur Ulang Sampah
Berfikirlah kreatif untuk mencari cara dalam mendaur ulang sampah. Semakin banyak ide ada akan emakin banyak uang dihasilkan. Sampah itu bisa didapatkan dengan gratis atau membeli kepada pengumpul dengan harga yang cukup murah. Olah sampah tersebut menjadi barang yang berguna kemudian dijual.

27. Menjadi Instruktur
Ajarkan apapun yang Anda bisa kepada orang lain dan dapatkan bayaran. Jika tidak punya ruangan tawarkan untuk mengajar datang ke rumah. Tidak punya keterampilan untuk diajarkan, ya belajar dulu.

28. Menjadi Penasehat
Anda memiliki suatu keahlian? Yah, Anda bisa mendapatkan uang dari keahlian Anda yaitu dengan menawarkan nasihat Anda. Misalnya Anda memiliki keahlian masalah keuangan, investasi, bisnis, real estate, dsb., Anda bisa menawarkan kepada orang lain yang membutuhkannya.

29. Menjual Lelangan
Belilah barang yang dilelang kemudian jual kembali. Pastikan harga barang-barang tersebut dibawah pasaran. Anda bisa menjualnya dengan harga pasaran. Untuk mendapatkan pembeli bisa melalui iklan atau cukup dari mulut ke mulut. Untuk mendapatkan barang lelang bisa bertanya di pegadaian, bank, atau berdasarkan iklan di koran.

30. Menjual Pigura
Mungkin Anda beranggapan ide ini jelek karena sudah ada yang mendahuluinya. Jangan putus asa, Anda harus bisa membuat pigura yang lain daripada yang lain. Dengan kata lain harus unik, belum ada orang lain yang membuatnya. Jika ada yang meniru, buat yang baru lagi. Semakin unik dan indah pigura Anda akan semakin laris. Jika perlu buatlah pigura yang spesial, yaitu bisa dituliskan nama pemesan, pesan, ucapan selamat, atau tanggal.

31. Menulis
Yah, menulis juga bisa menghasilkan uang. Anda bisa menulis berbagai topik sesuai dengan keahlian Anda. Anda bisa menjual tulisan Anda ke surat kabar, majalah, maupun diusulkan ke penerbit. Cara menulis itu gampang, apa yang ada dalam pikiran Anda tuliskan saja. Jangat takut salah, nanti setelah tulisannya selesai baru perbaiki. Saya salah satu yang mencari uang melalui tulisan.

32. Ngajar Hobi
Ini ide lain dari hobi, jika Anda punya hobi tertentu dan sudah ahli, coba tawarkan pelatihan hobi tersebut. Banyak lho, orang yang mencari hobi baru dan ingin berlajar tentang hobi baru.
Pasang iklan di surat kabar, mulai dari iklan baris dulu. Anda bisa mengajar dengan sistem kelas atau secara privat.

33. Pelatih Kerajinan
Jika Anda memiliki keterampilan dalam suatu kerajinan, baik kayu, rotan, bambu, maupun kertas, Anda dapat menghasilkan uang dengan menjadi pelatih membuat kerajinan tersebut bagi orang lain, selain memperoleh uang dari menjual kerajinan tersebut. Tawarkan jasa pelatihan Anda melalui iklan di media masa (koran atau majalah).

34. Pemasaran Praktik Profesional
Kini profesional makin banyak saja, mereka juga bersaing. Ini bisa menjadi peluang bagi Anda untuk mendapatkan uang dengan cara membantu para profesional (dokter, akuntan, pengacara, psikolog, dsb) untuk mendapatkan klien. Mintalah bayaran untuk setiap klien yang Anda dapatkan.

35. Pembuat Brosur
Jika Anda punya bakat seni, atau photografi, Anda bisa memanfaatkan bakat tersebut menjadi penghasil uang.
Caranya dengan membuat brosur. Photolah beberapa produk, kemudian susun dalam format yang menarik dalam bentuk brosur. Kirimkan contoh brosur tersebut ke perusahaan. Jika ada yang tertarik bisa menjadi proyek pembuatan brosur. Setelah mendapatkan order cari percetakan, nego harga, lihat contoh yang telah mereka produksi, sampai mendapatkan percetakan yang cocok.

36. Penerbitan Laporan/Artikel Berkala
Yaitu menerbitkan artikel atau laporan baik secara berkala maupun tidak untuk kalangan tertentu. Kalangan ini bisa pada berbagai bidang, seperti hobi, peralatan, pekerjaan, bisnis, dan sebagainya. Anda bisa meminta bayaran dari setiap orang yang berlangganan atau mendapatkan bayaran dari iklan. Pembahasan pada laporan/artikel berkala ialah hal-hal yang khusus yang tidak ada pada media lainnya atau sangat jarang.

37. Penitipan Binatang Piaraan
Untuk orang yang berpergian kadang kebingungan siapa yang akan merawat binatang piaraannya. Banyak orang yang memiliki binatang piaraan, mulai dari kucing, anjing, ikan, dan burung. Anda bisa memilih hewan yang sesuai dengan keahlian Anda, atau setidaknya Anda sudah berpengalaman merawatnya. Iklankan di surat kabar dan ambil bayaran berdasarkan lamanya Anda memelihara binatang peliharaan tersebut.

38. Penjilidan Buku
Bukan penjilidan yang sering ada di tempat photo copy, tetapi bukalah pelayanan penjilidan untuk buku-buku lama. Bagi penggemar buku akan terlalu sayang untuk membuang buku yang sudah lama apalagi akan susah mencari buku penggantinya. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika kita mencoba membuka layanan menjilid dan memperbaiki buku lama.

39. Penjualan Melalui Pos.
Yaitu menjual barang-barang yang masih langka di pasaran melalui pesanan pos. Ini adalah ide bagus untuk bisnis dengan modal yang kecil karena Anda tidak perlu bangunan atau toko di tampat strategis yang biayanya mahal. Anda bisa menyimpan produk di rumah atau ditempat yang murah harganya.
Anda hanya memerlukan promosi di media masa dan mengirimkan pesanan melalui pos. Cari produk yang profit marjinnya (keuntungannya) cukup tinggi.

40. Penyelenggara Seminar
Pada abad ini adalah abad kompetisi. Siapa yang tidak memiliki keunggulan akan kalah. Oleh karena itu seminar-seminar cukup banyak peminatnya. Cari orang yang kompeten dibidangnya kemudian atur penyelenggaraan seminar mulai dari mencari tempat, persiapan peralatan, sampai promosi.
Keuntungan Anda adalah dari penjualan tiket setelah dipotong biaya untuk pembicara dan biaya penyelenggaraan. Jika Anda membutuhkan pembicara silahkan hubungi kami.

41. Promosi.
Kembangkan ide-ide Anda untuk mempromosikan sesuatu produk atau jasa. Berpikirlah, cari cara bagaimana melakukan promosi dengan cara yang efektif tapi murah. Jika bisa, uang bisa mengalir. Banyak perusahaan yang mencari bagaimana bisa menghemat dari promosi sebab promosi cukup memakan biaya yang besar, apallagi sampai promosi di TV. Nach, jika Anda punya solusi, kenapa tidak ditawarkan kepada perusahaanperusahaan yang membutuhkannya?

42. Pusat Jasa.
Jika Anda memiliki informasi yang banyak tentang jasa-jasa disekitar Anda. Catatlah dan lakukan negosiasi dengan orang pemberi jasa tersebut. Hal yang perlu dinegosiasikan ialah berapa komisi yang akan Anda dapatkan jika Anda membawa pelanggan baru kepada dia. Jika sudah setuju catat dan kumpulkan dalam bentuk database, lebih bagus jika menggunakan software komputer. Kemudian iklankan bahwa Anda memiliki data jasa-jasa yang diperlukan. Promosi bisa melalui iklan di surat kabar atau dengan menggunakan brosur.

43. Riset Perpustakaan
Jika Anda hobi membaca buku, bisa digunakan untuk mengadakan riset perpustakaan. Banyak orang yang memerlukan jasa ini, mahasiswa, wartawan, media, maupun berbagai macam perusahaan. Anda bisa meminta bayaran berdasarkan jam yang Anda gunakan, jumlah halaman atau tingkat kerumitannya.

44. Surveyor
Anda suka berkeliling dan bicara dengan orang-orang? Coba saja menjadi jasa surveyor. Tugas Anda ialah melakukan survey-survey ke rumah-rumah, orang-orang, atau kelompok.Tawarkan jasa Anda kepada para pebisnis, media, agen riset pasar, atau pasang iklan.

45. Tutor Referral
Daftarkan guru yang bisa memberikan les privat. Guru apa saja, bukan hanya pelajaran sekolah. Bisa keterampilan, kesenian, beladiri, bahasa, dan sebagainya. Kemudian promosikan, Anda akan mendapatkan uang dari komisi yang diberikan oleh guru-guru yang ada didaftar Anda.

45 Ide bisnis isi semoga dapat menginspirasi Anda untuk memulai atau mengembangkan usaha Anda saat ini, saya sudah memulainya, sekarang giliran Anda

Sumber:
http://didinrazani.blogspot.com

About Sabila Komputama

Hanung Anggo Yudanto HP : 081226062343

Posted on 18 Maret 2009, in Info Hanung, Motivasi. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: