Web Unik

Kembangkan Keunikan Website Anda untuk meningkatkan penghasilan

Apa yang membuat website anda unik?

Mengapa mereka harus membeli dari anda? kenapa tidak dari kompetitor anda?

Jika anda tidak bisa menjawab pertanyaan tersebut, maka saya garansi para pengunjung pun tidak akan mengetahui jawabannya. Dan jika tidak terdapat alas an yang cukup kuat bagi mereka untuk melakukan bisnis dengan anda dibandingkan dengan yang lain, maka anda akan kehilangan mereka. Apa yang membuat anda lebih baik daripada yang lain? Manfaat tambahan apa yang HANYA mereka dapatkan dari anda?

Berikut ini adalah beberapa contoh yang bisa membentuk keunikan anda. Ini tidak mutlak dan anda tidak diharuskan memenuhi seluruhnya. Cukup ambil beberapa yang paling memungkinkan untuk bisnis anda.

Keunikan #1 – Harga yang lebih rendah

Memiliki harga yang lebih rendah akan merampingkan profit satuan anda, namun akan meningkatkan volume penjualan. Jika anda memiliki toko kelontong, dan di samping anda baru dibangun supermarket kelontong dengan harga yang lebih murah, maka bisa dipastikan bisnis anda akan bangkrut.

Keunikan #2 – Kualitas yang lebih baik

Anda bisa berfokus dalam mengembangkan produk yang berkualitas tinggi dan memasarkannya pada target yang sesuai.

Sebagai contoh, mercedes memiliki harga yang jauh lebih mahal daripada toyota. Tapi dia tetap menghasilkan tingkat penjualan yang tinggi karena mercedes sangat berfokus pada kualitas produksinya. Anda bisa meniru model ini untuk produk anda. Daripada berkompetisi dengan harga yang lebih murah, jadilah lebih mahal. Berfokuslah pada pemberian kualitas produk yang di atas rata-rata pesaing anda. Berpikirlah nilai, bukan harga untuk model produk seperti ini. Nilai dan harga adalah dua hal yang sangat berbeda.

Keunikan #3 – Garansi dan masa jaminan yang lebih panjang

Lupakan garansi 30 hari, dan mulailah tunjukkan masa garansi yang membuktikan bagusnya produk anda. Garansi produk anda selama 90 hari, 180 hari, 365 hari, tiga tahun, atau bahkan untuk selamanya. Jika pesaing lain hanya berani memberi garansi 30 hari, maka garansi satu tahun anda akan memenangkan persaingan. Anda bisa mengembangkan dominasi pasar dengan memberikan garansi dan jaminan yang lebih baik daripada orang lain. Tunjukkan kepada para customer anda bahwa anda berani dan siap berdiri di balik produk anda. Lakukan itu di saat kompetisi lain tidak berani melakukannya.

Keunikan #4 – Nilai pendidikan yang lebih baik

Yang saya maksud disini bukanlah gelar kesarjanaan anda. Saya secara pribadi tidak pernah menghargai gelar secara berlebih. Kadang dalam berbisnis, saya tidak memasukkan gelar ST saya di dalamnya. Dan saya tidak menghormati orang berdasarkan gelarnya, tapi pada kemampuannya memberikan nilai pendidikan nyata pada lingkungan sekitarnya. Dan inilah yang saya maksud. Berilah nilai pendidikan yang terbaik dari produk untuk prospek anda. Lalu, lanjutkan proses pendidikan tersebut untuk customer anda dan tunjukkan kepada mereka bagaimana cara mendapatkan nilai tertinggi dari produk ataupun servis anda. Saya menjual informasi cara membangun bisnis di Internet. Anda menemukan apa saja faktor yang menunjung keberhasilan bisnis di area ini. Tapi selain itu, saya juga menunjukkan detailnya, caranya, langkah-langkah terbaik yang perlu dilakukan sampai anda bisa menghasilkan uang darinya.

Keunikan #5 – Bonus yang lebih bernilai

Jika anda bisa memberikan nilai yang lebih tinggi dari setiap rupiah yang dikeluarkan para customer, maka mereka akan lebih memilih membeli dari anda daripada para pesaing anda. Sertakan bonus gratis di setiap produk utama yang anda jual. Tidak harus berupa produk ciptaan anda sendiri. Anda bisa gunakan produk orang lain sebagai bonus, dengan catatan anda memiliki ijin melakukannya.

Keunikan #6 – Pelayanan pelanggan

Banyak perusahaan yang berupaya mati-matian menarik hati sang prospek.

Namun setelah prospek menjadi pembeli, mereka tidak melayani pelanggan dengan baik. Gunakan peluang meraih hati prospek! Ini bisa anda lakukan dengan cara serius melayani mereka, sebaik-baiknya. Tempatkan para prospek dan customer dalam posisi teratas. Pekerjakan satu orang khusus untuk melayani pelanggan dengan baik dan cepat.

Keunikan #7 – Pilihan yang lebih banyak

Inilah ciri khas Amazon. Dia adalah toko buku terbesar di dunia. Di mana, biasanya toko buku besar lainnya hanya mampu menyediakan maksimal 60.000 judul buku. Tetapi Amazon, menyediakan seluruh jenis buku yang pernah diterbitkan di dunia. Jumlahnya… jutaan!!

Jika perusahaan lain hanya sanggup menampilkan 3-4 warna dengan 3 model berbeda, maka perusahaan anda bisa menampilkan 27 warna dan 15 model berbeda. Keuntungan konsep seperti ini bisa anda manfaatkan di web. Keunikan #8 – Market yang spesifik Ketimbang menjalankan website untuk semua bisnis, anda bisa fokus dengan menjalankan bisnis hanya untuk konsultan, pecinta otomotif, agen real estate atau yang lain. Dengan kata lain, konsentrasikan pasar anda dan lakukan spesialisasi pada bidang tertentu.

Hal ini bukan hanya akan membuat bisnis anda memiliki ciri khas, tetapi juga membuatnya lebih bernilai untuk audiens. Anda akan lebih mengerti masalah mereka daripada kompetitor lain.

Keunikan #9 – Servis yang lebih cepat

Kita hidup di jaman yang serba instan. Setiap orang menginginkan pelayanan yang cepat. Jika saat ini customer anda melakukan pemesanan, lakukan pengiriman hari ini juga. Anda jangan sekali-kali bilang, bahwa produk anda akan sampai ke tangan konsumen minggu depan. Anda pasti akan ditinggal oleh mereka.Jika anda bisa memberikan servis yang lebih cepat daripada kompetitor lain, maka bisnis anda akan lebih disukai. Mereka akan lebih mempercayai anda dan ini sangat berpengaruh terhadap kesuksesan bisnis anda.

About Sabila Komputama

Hanung Anggo Yudanto HP : 081226062343

Posted on 23 Maret 2009, in Bisnis Online and tagged , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. blog saya unik gak yah?🙂

  2. Halo Pak Hanung, Salam kenal ya pak…Salam Street Smart. – Ridwan-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: