Aplikasi untuk Warnet

Agar pengunjung Warnet merasa nyaman dengan layanan Warnet anda, berikut ini adalah daftar beberapa software yang “mungkin” merupakan software basic yang perlu anda instal:

Operating System

Sistem operasi, tanpa perlu dipertanyakan lagi, merupakan software utama yang akan menjadi ciri khas warnet anda. Ada 2 pilihan utama dalam sistem operasi ini, yaitu apakah anda akan memilih Microsoft atau Linux (dengan segala variannya).

Microsoft sangat akrab pada user, membutuhkan resource yang lebih kecil dibandingkan dengan linux, mudah terserang virus, dukungan program yang luas, tingkat keamanan rendah, namun dengan harga yang bisa dibilang “tidak murah”. Dilain pihak, linux gratis, tidak terlalu user friendly, bahkan untuk operator sekalipun, saat ini belum akan terkena virus”belum akan”, karena hacker belum mengarahkan serangannya ke sana), dan dengan dukungan program yang “agak” terbatas. Kedua hal diatas patut menjadi pertimbangan anda untuk memilih salah satu sistem operasi yang paling tepat. Pilihan utama sebenarnya adalah windows yang lebih user friendly, apabila anda mampu membeli lisensinya.

Billing

Program kedua yang paling penting tentunya billing, karena billing akan menghitung berapa lama pemakaian komputer klien, yang berhubungan langsung dengan harga yang harus dibayar. Ada banyak pilihan billing warnet yang dapat anda pilih, rata-rata dengan biaya minimal sekitar 800 ribu rupiah untuk 10 komputer. Menurut saya, billing yang lumayan bagus adalah EZ TIME BILLING, karena fitur-fiturnya lumayan lengkap dibandingkan dengan billing di kelasnya, termasuk bandwidth monitoring. Pilihan lain billing yang saya rekomendasikan apabila anda mengerti bahasa Inggris adalah Antamedia Internet Cafe.

Browser

Program ketiga, tentu saja browser, sebagai senjata utama Warung internet. Saat ini ada terlalu banyak pilihan browser, dari yang sudah ada sejak jaman awal booming internet, sampai dengan browser-browser baru. Namun sebaiknya anda menyediakan minimal 2 browser untuk klien anda, ditambah 1 opsi browser yang lagi naik daun. Browser tersebut adalah :

Internet Explorer – merupakan bawaan Windows, sehingga secara otomatis akan terinstall disaat anda menginstall sistem operasi

Mozilla Firefox – Browser yang cukup dikenal masyarakat. Dibuat oleh Sun Microsystem

Opera – juga sangat umum digunakan masyarakat

Google Chrome – browser yang memberikan kemudahan bagi anda untuk browsing lebih cepat, dengan tampilan yang lebih lega (luas)

Office Application

Ini juga sangat vital bagi pengunjung warnet disamping program-program dasar seperti notepad maupun wordpad. Anda bisa memilih misalkan Open Office sebagai alternatif Microsoft Office, karena masyarakat umumnya sudah mulai mengenal program Open Office. Namun dari pengalaman saya, loading Open Office sangat lama dibandingkan dengan loading Microsoft Office. Selain itu program Java Virtual Machine dengan jqs.exe lebih sering menyebabkan komputer menjadi lambat. Untuk aplikasi office, minimal hanya 3 program yang sering dicari pengunjung, yaitu Word, Powerpoint dan Excel. Boleh juga ditambahkan program database seperti MS Access kalau komputernya masih memungkinkan.

Program Chatting

Program chatting yang paling sering dicari adalah Yahoo Messenger dan mIRC. Untuk Yahoo Messenger perlu diinstal, karena biasanya menginstallnya harus terkoneksi internet, sedangkan mIRC dapat di “akali” dengan men-share-nya saja di server. Jadi apabila pengunjung memerlukannya, mereka bisa menginstall sendiri. Toh, installing mIRC tidak membutuhkan waktu yang lama.

Program Pengatur Akses

Program pengatur akses yang saya maksud adalah akses blocking. Yang termasuk dalam kategori ini meliputi Deep Freeze, agar segala perubahan setting pada komputer hilang begitu komputer restart, Anti Executable agar pengunjung tidak bisa melakukan install software yang tidak diijinkan, serta Bandwidth Limiter, agar bandwidth pengunjung dapat terkontrol dengan baik. Supaya program limiter ini tidak ditampilkan di system tray, namun berjalan secara otomatis ketika windows start, diperlukan teknik khusus untuk mengatur registrynya.

Antivirus

Walaupun komputer anda telah dilengkapi dengan Deep Freeze maupun Anti Executable, tidak ada salahnya juga memasang Antivirus, agar virus dari internet tidak masuk ke dalam sistem kita melalui software yang kita download. Beberapa antivirus yang baik adalah AVIRA, AVG, AVAST dan sejenisnya, anda dapat memilih sesuka hati. Namun autoupdate tidak perlu dihidupkan, karena tidak akan ada gunanya bila Deep freeze anda dihidupkan.

Program Grafis

Program grafis sederhana yang cukup mumpuni adalah IrfanView. Program ini dapat didownload secara gratis, yang berguna untuk melengkapi program Paint bawaan Windows.

Pemutar Audio / Video

Pemutar audio / Video yang cukup lengkap selain Windows Media Player adalah FLV Player atau sejenisnya. Tambahkan Codec yang terbaru supaya mampu memainkan hampir semua jenis file.

PDF READER

Ini jangan sampai lupa. Kalau komputernya masih oke-oke saja, sebaiknya diinstal Adobe Acrobat Reader, karena fiturnya lebih banyak, sedangkan kalau komputernya sudah ampun-ampun, Foxit Reader sudah cukup bagus.

Lain-lain

Selain program-program diatas, apabila diperlukan dapat ditambahkan program lain seperti program permainan, program downloader maupun yang lainnya.

About Sabila Komputama

Hanung Anggo Yudanto HP : 081226062343

Posted on 24 Maret 2009, in Artikel IT, Internet and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: