Teknik SEO di WordPress

Menurutku yang namanya SEO (Search Engine Optimization) adalah hal-hal yang dilakukan untuk mengoptimasi sebuah situs web supaya tidak menyulitkan pekerjaan mesin pencari untuk mengindeks situs web tersebut. Beberapa contoh SEO adalah sebagai berikut:

* Menggunakan URL yang permanen. Sebuah konten harus dapat diakses melalui URL yang sama baik pada saat konten tersebut pertama dipublikasikan, maupun 5, 10 atau bahkan 100 tahun yang akan datang.
* Menggunakan URL yang ramah pengguna. URL seperti http://example.com/?id=49 tidak ramah pengguna. Sebaliknya URL seperti yang saya gunakan di blog ini ramah pengguna. Karena mesin pencari mengemulasikan pengguna, maka URL yang ramah pengguna juga ramah mesin pencari. Sebuah mesin pencari dapat mengetahui apa konten dari URL tersebut dari URL-nya. (Tentunya lebih mudah dicium search engine karena wordpress.com 70% pointnya)

* Memastikan semua konten saling bertaut dan dapat diikuti secara ‘organik’, misalnya tidak menggunakan Flash, image map sisi server, pop up, Javascript dan sebagainya.
* Memastikan konten dapat dilihat dengan baik dengan menggunakan perambah berbasis teks, misalnya dengan menggunakan tag alt yang deskriptif pada setiap gambar. Tidak seperti manusia, komputer tidak dapat dengan mudah mengartikan sebuah gambar.
* Memperhatikan semantik dalam melakukan penulisan. Misalnya dengan menggunakan tag h1 untuk keperluan menuliskan judul, menggunakan strong atau em untuk kata-kata yang ingin kita tekankan, menggunakan abbr dan acronym untuk singkatan atau akronim dan sebagainya.
* Mendaftarkan situs web ke mesin-mesin pencari. Jalan sekarang hal ini hampir tidak perlu dilakukan secara manual. Pengelola situs web dapat menggunakan protokol Sitemap untuk melakukannya.

So tunggu apalagi tingkatkan traffic blogmu dengan wajar! jangan sampai berlebihan he..3x..

About Sabila Komputama

Hanung Anggo Yudanto HP : 081226062343

Posted on 4 April 2009, in Bisnis Online and tagged , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Trima kasih info y. Sangat bermanfaat.

Tinggalkan komentar