Cara Berfikir Pebisnis Internet

Apa yang anda pikirkan saat mulai bisnis internet? Ingin kaya mendadak? Atau punya milyaran rupiah di rekening?

Hmmm… sebelum semua itu tercapai, saya ingin tanya dulu. Apa anda sudah mengubah pola pikir (mindset) anda? Maksud saya, apa anda sudah benar-benar memandang diri anda sebagai pebisnis?

Masih bingung?

Sederhananya begini. Setahu saya, seorang pebisnis (apapun) memiliki ciri tertentu. Pertama, dia akan merinci setiap detil yang dia lakukan demi mendapat untung. Kedua, selalu berupaya mengubah konsep dan ide-ide menjadi pundi-pundi uang. Dan ketiga, selalu haus akan kesuksesan dan berjiwa inovatif.

Pebisnis internet juga demikian. Kita harus terus belajar dari bisnis internet yang sudah ada. Sambil terus bertanya kenapa suatu situs web bisa terus bertahan dan kenapa yang lain bisa gagal?

Ingat!

Keberhasilan blog atau situs web tidak hanya terletak pada bagus isi dan tulisan saja. Karenanya, anda perlu terus belajar bagaimana situs-situs web laris bisa berkembang.

Bagi pebisnis internet, situs orang lain adalah gudang ilmu sekaligus sumber penghasilan. Jadi, saat jalan-jalan mengunjungi sebuah situs web, mula-mula posisikan diri anda sebagai pengunjung. Setelah itu berpikirlah ala pengusaha. Langkah ini penting untuk memberi anda banyak inspirasi.

Tapi…bagaimana caranya berpikir ala pengusaha?

Ini tidak sulit, saya biasa melakukan hal-hal di bawah ini:

* Memanen ide dari ladang-ladang yang berbeda. Saat mengunjungi satu situs web, anda boleh mengambil ide atau konsep dari situs web itu. Ini bukan plagiat, melainkan anda belajar dari situs web orang lain. Lihat apa saja yang membuat situs web itu berbeda. Lalu, anda terapkan pada situs web anda sendiri. Cara ini manjur untuk membuat situs web anda lebih atraktif.
* Pelajari desain situs web lain. Situs web lain juga bisa jadi bahan referensi desain. So, anda tahu bagaimana mereka merancang presell pages untuk penjualan dan signups. Jangan curi desainnya, tapi serap prinsip-prinsip pembuatannya. Selanjutnya, silakan mendesain situs anda sendiri.
* Cari model bisnisnya. “Apa situs web ini menghasilkan?” itu yang biasa saya tanya saat mengunjungi sebuah situs web. Anda bisa mendapat jawaban pertanyaan ini dengan mencari tahu sumber-sumber pendapatan dari situs web tersebut. Anda bisa mengira apa saja yang membuat situs web itu bertahan dan menguntungkan. Nah, setelah anda tahu jawabannya, terapkan pada situs anda.
* Apa sumber popularitasnya? Jika website yang anda baca itu terkenal, pahami apa yang membuatnya terkenal? Temukan sumber-sumber traffic-nya. Cari tahu apa yang banyak disukai pengunjung dari situs itu. Apa sih rahasianya kok banyak yang suka? Selanjutnya, anda bisa terapkan untuk memajukan situs anda.
* Coba bekerja sama. Setiap mengunjungi satu situs web, fokuskan perhatian anda pada dua hal. Pertama, cari kemungkinan melakukan hal yang sama-sama menguntungkan. Misal, buat strategi melakukan proyek kerjasama. Kedua, tanyakan pada diri anda, “manfaat apa yang bisa saya ambil dari sini?” Dan jangan lupa temukan kekurangan situs tersebut lalu camkan baik-baik jangan sampai kekurangan itu juga terjadi di situs anda.
* Tempat iklan. Setiap situs web yang anda kunjungi bisa jadi lahan beriklan. Tulis detil-detil iklan di situs tersebut. Siapa tahu anda bisa pasang iklan di sana. Atau, siapa tahu mereka yang justru pasang iklan di situs web anda.

Nah tunggu apa lagi. Praktikkan sekarang dan anda akan segera menikmati hasilnya.

Selamat mencoba!

About Sabila Komputama

Hanung Anggo Yudanto HP : 081226062343

Posted on 13 April 2009, in Bisnis Offline, Bisnis Online and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: