Kreativitas, Modal Pebisnis Sukses

Apa sih modal utama seorang pebisnis atau pengusaha?

Kreativitas!

Dari sekian buku tentang kiat pengusaha sukses yang saya baca, saya simpulkan kreativitas itu kunci utamanya. Mau bisnis online ataupun offline, ya sama-sama harus kreatif. Bila tidak, jangankan bertambah maju, untuk membuat bisnis bertahan saja sangat sulit.

Selanjutnya kreativitas bisa diwujudkan dalam berbagai strategi dan perencanaan. Modal sedikit bisa sukses asal kita kreatif memanfaatkan sumber daya yang ada. Bisnis internet merupakan sumber daya kita yang terbatas. Asetnya cuma produk situs web dan relasi-relasi online, tapi kreativitaslah yang membuatnya menjadi sumberdaya tak terbatas.

Inilah yang namanya tantangan bisnis. Bagaimana cara anda menghasilkan uang yang banyak dari sumber yang terbatas. Benar begitu kan?

Bagi pebisnis, memilih lahan usaha itu berarti investasi. Anda pasti berharap investasi anda sukses. Karena, uang akan terus masuk ke kantong anda. Tapi, jangan cepat senang jika investasi anda itu sudah menghasilkan uang. Karena pasar bisa cepat berubah.

Karena itu, jangan pernah berhenti.

Kembangkan…kembangkan… dan kembangkan sampai menghasilkan keuntungan yang berlipat…berlipat… dan terus berlipat…

So, jangan berhenti sampai di sini! Kembangkan terus ! Investasikan kembali keuntungan-keuntungan itu.

Ini sangat penting bagi para blogger dan pebisnis internet. Kesuksesan anda tergantung pada investasi asset-aset online, besar keuntungan yang anda dapat, dan biaya pemeliharaan situs yang anda keluarkan. Jadi, sementara anda terus memelihara satu situs, anda harus terus merencanakan membuat produk baru.

Nah, di sinilah pentingnya kreativitas. Hasilkan sesuatu yang baru lagi. Dan, yang pasti berbeda dari yang sudah ada.

Untuk mengembangkan situs web, anda bisa pelajari situs-situs web yang sudah ada. Melihat perkembangan diri sendiri itu juga penting untuk merangsang kreativitas. Pikirkan dengan cermat, kira-kira situs anda memberikan keuntungan besar atau tidak? Dan adakah spesifikasi produk yang menjadi sumber utama penghasilan?

Jika iya, maka saatnya anda konsisten menjalankannya. Sebaliknya jika tidak, jual saja situs anda !

Oh ya, investasi itu bukan cuma dalam bentuk produk atau relasi online. Waktu yang anda gunakan untuk berpikir, menyusun strategi dan perencanaan itu juga bentuk investasi. Karenanya lakukan dengan serius. Itu yang akan menjadi awal apakah situs web anda bisa menjadi sumber uang. So, luangkan waktu anda untuk mencari ide-ide baru untuk pengembangan situs Anda. Ide bisa didapat dari baca buku, ngobrol dengan teman, atau mungkin pas jalan-jalan. Prinsipnya, setiap saat jangan biarkan otak anda mogok berpikir…

Saya punya bocoran lagi agar anda bisa terus kreatif.

Masih ingat 20 Timeless Money rules yang pernah dimuat CNN? Saya sarankan anda membacanya. Nah, sambil anda membaca 20 Timeless Money Rules, lakukan 3 hal ini:

* Coba hubungkan prinsip-prinsip dalam 20 Timeless Money Rules dengan cara anda mengelola situs web saat ini. Pelajari semua informasi penting yang anda temukan. Saya yakin anda akan menyerapnya dan menyesuaikan dengan gaya anda. Nah, ini menarik! Karena anda jadi punya tips yang unik.
* Buatlah prinsip-prinsip itu relevan. Lakukan introspeksi dan refleksikan pada kebiasaan anda. Sesuaikan prinsip itu menurut selera anda. Ini cara yang paling baik agar anda mudah menyerap dan mengerti informasi ini.
* Praktikkan prinsip-prinsip tersebut. Pilih satu prinsip yang bisa segera diterapkan pada situs anda. Dan, terapkan juga pada kehidupan pribadi anda. Segeralah beraksi setelah anda selesai membaca artikel itu. Bertindak segera itu penting agar informasi yang berguna tadi tidak hanya menjadi sampah di otak anda.

Cara-cara di atas bisa menyegarkan pikiran anda. Saya sudah merasakan hasilnya. Saya terus punya ide-ide baru. Dan, bisnis saya semakin maju.

Okay, selamat mencoba! Dan, pasti anda bisa jadi lebih baik dari sebelumnya.

About Sabila Komputama

Hanung Anggo Yudanto HP : 081226062343

Posted on 13 April 2009, in Bisnis Offline, Bisnis Online, Motivasi and tagged , . Bookmark the permalink. 11 Komentar.

  1. informasinya menarik sekali.
    thanks ya

    semangat terus🙂

  2. tambahan bang, selain kreativitas perlu juga modal, kerja keras dan doa

  3. universitashidup

    Tulisan yang sangat bermanfaat, salam kenal Mas Hanung

  4. wah padat dan bermanfaat

  5. Alhamdulillah……….
    akhirna nemu blog wat blajar jadi pengusaha juga….
    lam kenal mas…
    kunjungan perdana neh

  6. Kreativitas penting dan peru diasah nich, kayknya ini yg kurang di sebagian orang.
    Selain juga Doa yg belum serius🙂

  7. balasan silaturahmi….

  8. padat merayap….
    informasinya to abisss…
    balasan silahturahmi…..

  9. Boss bisnis apaan ya…? salam kenal bagi bagi bisnis dong , gua udah bosen jadi karyawan perusahaan elit

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: