Membangun Aliansi Bisnis

Pernah saya katakan bahwa dengan bersatu kita bisa sama-sama untung. Memang begitu kenyataannya. Karena ketika dua pebisnis atau lebih bekerjasama, mereka melipatgandakan kekuatan yang dimilikinya untuk mencapai tujuan bisnisnya. Yang jelas, semua langkah dan strategi bisnis pasti punya tujuan meningkatkan profit.

Masih belum yakin dengan kekuatan kerjasama? Baiklah. Tanpa perlu panjang lebar, saya uraikan saja sepuluh alasan penting kenapa anda harus membentuk aliansi bisnis yang strategis.

1. Penawaran lebih variatif. Dengan bekerjasama, setiap pebisnis bisa menawarkan produk atau layanan yang lebih variatif pada pengunjung. Ibaratnya, semua produk dikumpulkan jadi satu lalu dijual secara bersama-sama dalam situs web masing-masing. Dengan cara ini anda bisa hemat waktu. Tak perlu menghabiskan banyak waktu dan biaya untuk menciptakan produk. Keuntungan yang anda peroleh bukan cuma karena produk anda terbantu penjualannya. Selain itu, anda juga bisa mendapatkan keuntungan lebih karena anda mendapatkan komisi dengan menjualkan produk orang lain. Sebut saja simbiosis mutualisme.

2. Jumlah tenaga penjualan bertambah. Tanpa perlu menambah tenaga kerja baru, dengan melakukan kerjasama dengan orang lain secara otomatis jumlah tenaga penjualan anda bertambah. Dengan begitu, harapannya hasil penjualan ikut meningkat.
3. Pelanggan anda kembali membeli. Anda bisa tawarkan produk-produk milik partner bisnis anda pada mereka yang sudah jadi pelanggan anda. Selain pasti, volume penjualan dan perolehan profit meningkat, juga akan mempererat hubungan anda dengan konsumen.
4. Biaya untuk iklan dan pemasaran lebih kecil. Saat anda bekerjasama dengan orang lain, otomatis anda juga berbagi biaya promosi. Biaya yang harusnya ditanggung seorang diri bisa lebih ringan karena ditanggung bersama. Jadi, lebih hemat.
5. Pengetahuan meningkat. Anda akan menjumpai betapa di luar sana banyak orang-orang berbakat yang bisa membantu usaha anda. Dengan aliansi bisnis, anda akan mudah mendapatkan bantuan keahlian mereka. Menariknya, mereka memiliki ketertarikan yang sama dengan yang sedang anda kerjakan. Dan, yang lebih menguntungkan, bergabung bersama mereka bisa menambah pengetahuan anda tentang bisnis internet.
6. Membuka pasar lebih luas. Lebih banyak produk yang anda jual, lebih banyak orang datang pada anda. Pastinya dengan mendapat target pasar yang jauh lebih besar, sudah jelas semakin bertambah pula jumlah pelanggan anda.
7. Mengembangkan bisnis dengan cepat. Kapanpun anda punya produk baru, anda akan mudah melakukan promosi. Karena anda sudah punya partner yang siap membantu perkembangan produk anda. Hasilnya, anda pun lebih mudah dan cepat untuk mengembangkan bisnis internet anda.
8. Bisa saling tukar testimoni. Menarik bukan? Semakin bervariasi testimoni yang anda pasang di situs web, ini bisa menambah kredibilitas anda. Dan, anda juga bisa mendapat lebih banyak pelanggan potensial. Karena mereka percaya dengan testimoni yang anda cantumkan tadi.
9. Lebih mudah memecahkan persoalan. Dua kepala lebih baik dari pada satu kepala. Tepatnya seperti itu gambaran paling cocok untuk sebuah aliansi bisnis. Terutama saat anda menghadapi banyak pertanyaan konsumen. Anda sudah memiliki customer service yang bisa menjawab semua pertanyaan yang ada. Bukan cuma customer service yang akan menjawab, tapi juga customer service sesama anggota aliansi. Yang lebih menggiurkan, dengan beraliansi kita bisa belajar banyak ilmu-ilmu baru dalam melayani pelanggan. Setiap pebisnis pasti punya trik dan taktik khusus dalam melayani pelanggan. Nah, sekarang waktunya anda belajar bagaimana cara partner aliansi anda melayani pelanggan mereka.
10. Lebih produktif. Berkah selanjutnya, anda akan terhubung dengan pemikir-pemikir kreatif. Maksudnya begini, ide-ide yang dikeluarkan partner anda bisa jadi angin segar yang membantu perkembangan bisnis anda. Sesama anggota aliansi pastinya akan berusaha untuk memajukan kerjasama bisnis yang dijalin. Berada di sekeliling orang-orang pemikir kreatif dan strategis bisa mendorong kita produktif.

Nah, semua alasan yang saya kemukakan di atas sangat masuk akal, kan? Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak bekerjasama. Selama anda bisa bekerja sama dengan baik bersama partner anda, saya yakin profit anda akan terus bertambah. Bahkan bisnis anda semakin maju. Yakinlah lebih enak bekerja sama karena saling menguntungkan.

Oya, satu hal yang biasanya saya pegang dalam kerja sama. Berbisnis sebaiknya jangan cuma berpikir masalah untung saja. Tapi, pikirkan juga ilmu yang akan anda peroleh.

So, bekerjasama bisnis, siapa takut?

About Sabila Komputama

Hanung Anggo Yudanto HP : 081226062343

Posted on 13 April 2009, in Bisnis Online and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: