Memenangkan Persaingan

Wuihhh… saat ini sudah tak terhitung banyaknya pebisnis yang terjun ke bisnis internet. Bisa dicoba misalnya dengan mengetik “bisnis internet” atau “bisnis online” di search engine, hasil pencarian yang muncul beragam banyaknya.

Memang produk yang ditawarkan tak persis sama. Tapi yang paling banyak ditawarkan adalah bagaimana cara mendapat uang dari internet. Dengan membludaknya pebisnis internet, pasti para affiliate pun bertambah jauh lebih banyak.

Namun bagaimanapun pengakses internet dari tahun ke tahun juga makin membengkak. Artinya, pasar untuk mempromosikan produk selalu terbuka. Meski begitu, sebagai merchant atau affiliate bukan berarti kita bisa tenang-tenang saja. Mau tak mau kita tetap harus menyiapkan strategi dan taktik untuk memenangkan persaingan. Terlebih persaingan di bisnis internet luar biasa dahsyat. Persaingan yang terjadi bukan hanya antar pemain lokal, tapi dengan seantero jagat.

Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk memenangkan persaingan?

Ketika kita membahas cara memenangkan persaingan di internet, sebetulnya kita bicara tentang menjual value. Value yang dikomunikasikan dengan tepat akan bisa mengambil hati target market anda. Di samping juga bisa mengubah kebutuhan target market anda. Apa maksudnya?

Beberapa pakar marketing mengatakan bahwa sebenarnya tugas utama marketing adalah bagaimana menciptakan kebutuhan atau keinginan baru konsumen. Jadi bukan mengarah pada kebutuhan konsumen yang sudah ada. Tapi mengubah kebutuhan dasar tersebut dengan menjual cita-cita dan harapan baru.

Contoh, kalau selama ini kebutuhan dasar kita adalah makan, kemudian marketing mengubahnya menjadi tidak sekadar makan saja. Tapi kita butuh makanan yang enak, lezat, bergaya hidup, bergizi, dan sehat. Maka, gerai-gerai makanan di mall menjadi ramai dikunjungi pembeli.

Kalau selama ini kita bisa kaya yang membutuhkan waktu lama dengan cara bisnis konvensional seperti punya toko atau bengkel, maka bisnis internet menawarkan cara cepat kaya secara mudah, tanpa harus khawatir produk jadi kadaluwarsa atau tangan belepotan oli. Ya, value yang mengandung cita-cita dan harapan baru itulah yang kita pasarkan.

Untuk memenangkan persaingan bisnis, tentunya value produk tersebut harus berhubungan dengan brand produk anda. Keduanya berbaur menjadi satu kesatuan yang saling memperkuat. Sehingga membuat konsumen benar-benar percaya dan sadar untuk mencoba produk anda.

Dalam promosi anda, perlu juga ditekankan bahwa produk atau layanan anda adalah jalan keluar terbaik yang bisa mengantarkan konsumen kepada cita-cita dan harapan yang diinginkannya. Lebih dari itu, bukan hanya membuat konsumennya sampai kepada keinginannya tadi, tapi juga membuat mereka lebih percaya diri dalam memahami kehidupan ini. Dalam soal bisnis internet, paling tidak mereka tak lagi gaptek dengan menggunakan internet sebagai media berbisnis.

Karena itu sangat penting produk anda bisa membuat konsumen mengalami kemajuan dalam hidup. Bukan cuma membuat mereka kaya, tapi bisa juga membuat mereka lebih percaya diri dalam menatap kehidupan ini. Sehingga bisnis masa kini yang berbalut teknologi membuat mereka tak takut lagi.

Nah, lalu apa kuncinya agar bisnis internet kita bisa menjadi yang terdepan? Pada intinya tergantung pada:

1. Seberapa baik anda menekankan cita-cita dan harapan kepada konsumen?
2. Seberapa baik anda menyampaikannya baik secara langsung maupun tidak langsung dalam situs web/layanan/produk anda?
3. Seberapa tepat jalur pemasaran yang anda tempuh?
4. Seberapa baik brand diri dan produk anda?
5. Seberapa banyak anda tahu tentang pandangan pengunjung mengenai situs web/layanan/produk anda?
6. Seberapa fokus anda menekankan kelebihan produk dan layanan anda dibanding yang bisa diberikan pesaing?

Bila keenamnya bisa anda lakukan dengan baik, maka menjadi pebisnis internet di jajaran terdepan bukan soal sulit bagi anda. Perhatikan dan lakukan perbaikan segera bila keenam poin tadi belum cukup memenuhi harapan anda.

Tetap semangat dan salam action!

About Sabila Komputama

Hanung Anggo Yudanto HP : 081226062343

Posted on 13 April 2009, in Bisnis Offline, Bisnis Online and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: