Penyebab Gagal Bisnis Internet

Tidak ada orang yang mau gagal. Begitu juga dengan anda bukan? Begitupun dalam bisnis. Saya yakin anda semua ingin bisnis anda berjalan mulus bahkan sukses. Tapi, di dunia ini sering yang kita inginkan tidak bisa terwujud. Karena ada saja penghalang-penghalangnya.

Begitupun di bisnis internet. Saya sudah merangkum 10 penyebab terbesar kegagalan bisnis internet. Agar anda tidak terperosok pada lubang yang sama, hindari apa yang saya tulis ini dalam bisnis internet anda.

1. Lupa kalau pemasaran itu kunci sukses berbisnis
Sebaik apapun produk anda, kalau anda tidak bisa memasarkannya menjadi percuma. Secanggih apapun produk anda, kalau anda tidak berpromosi sulit untuk bisa laku. Memasarkan itu meliputi banyak hal. Tapi intinya satu, beriklan! Lagi-lagi saya bilang, tak kenal maka tak sayang. Nah, bagaimana caranya kita bisa membuat orang sayang pada produk kita kalau mereka tidak kenal kita? Lakukan promosi secara fokus dalam keseluruhan aktivitas bisnis internet anda. Untuk meningkatkan kreativitas berpromosi, silakan baca juga 10 rahasia menjual produk lebih cepat.

2. Meruntuhkan reputasi lewat spam
Kalau saya anjurkan berpromosi dalam keseluruhan aktivitas bisnis internet anda, bukan berarti segala cara menjadi halal. Salah satu hal yang paling merusak reputasi bisnis anda adalah spam. Jangan coba-coba melakukan spamming. Sama saja anda mengirimi surat kaleng pada pengunjung anda. Anda mesti tahu, tidak semua orang suka dikirimi brosur dan newsletter. Bahkan banyak yang merasa terganggu. Kalau memang pengunjung tidak meminta anda mengirimi news letter atau brosur, jangan sekalipun memaksa mengirim. Mereka akan memblack list anda selamanya. Percayalah…

3. Membuang waktu dengan melakukan hal yang tidak produktif
Waktu adalah aset, waktu adalah investasi. Dibandingkan dengan hal apapun di dunia ini, waktulah yang paling mahal. Karena ia tidak bisa diputar ulang ataupun diberhentikan. Sebagai pebisnis internet, anda harus tahu kapan anda melakukan pekerjaan A, B, dan C. Jangan anda membuang waktu untuk hal-hal yang tidak mengarah pada kesuksesan anda. Karena anda sendiri yang rugi nantinya. Buat prioritas mana yang mendesak, mana yang penting dan tidak penting. Misal, pertimbangkan aktivitas apa saja yang harus anda dahulukan? Memasang iklan atau join forum? Menjawab komentar atau mencari relasi online? Begitupun dalam menyaring arus informasi di internet.

Susunlah rencana kegiatan anda setiap hari. Jangan sedikitpun membuang waktu dengan aktivitas yang tidak bertujuan pada kemajuan bisnis. Tapi, juga jangan terlalu terobsesi pada kesuksesan. Penuhi saja jadwal anda dengan baik dan kesuksesan akan menghampiri anda.

4. Tidak mengatur komunikasi via email secara efektif
Email bisa membuat bisnis anda maju. Tapi juga sebaliknya, menghancurkan bisnis anda. Untuk mengambil manfaat dari email, kita harus tahu cara menggunakannya. Bagaimana caranya? Gunakan bahasa yang baik, halus, sopan, serta tepat sasaran.

Komunikasi itu sangat penting agar pelanggan tidak lupa dengan anda. Manfaatkanlah email anda sebaik mungkin.

5. Tidak membuat wadah komunikasi dengan konsumen
Berkomunikasi secara intensif dengan semua pelanggan anda penting untuk kemajuan bisnis internet anda. Bentuknya bisa berupa forum, milis, atau lainnya. Dengannya anda bisa terus berhubungan dengan para konsumen setia maupun calon konsumen. Kunci penting keberhasilan sarana tersebut terletak ketika anda bisa merayu pengunjung anda untuk masuk ke opt in list. Begitu mereka bergabung menjadi anggota dalam wadah komunikasi tersebut, anda bisa mengirimi mereka newsletter ataupun brosur produk terbaru.

6. Tidak meminta masukan dari pelanggan
Seringkali kita merasa tidak perlu mendengarkan pelanggan. Yang terpenting mereka mau membeli produk kita. Pemikiran ini keliru. Sebaik apapun produk yang anda punya, anda tetap membutuhkan pembeli. Dan, tidak ada salahnya mendengarkan apa kata pembeli. Justru apa yang mereka sarankan bisa membuat bisnis kita lebih baik lagi. Maka jangan sungkan untuk meminta masukan dari pelanggan anda.

7. Enggan mengeluarkan modal untuk berbisnis internet
Meski di internet tersedia banyak barang atau fasilitas gratis, berbisnis internet tetap membutuhkan modal. Sekurang-kurangnya modal yang dibutuhkan adalah komitmen untuk menjalankannya secara konsisten. Modal lainnya yang lebih nyata seperti akses internet, hosting, dan domain.

8. Terlalu banyak gambar, java, music, dll
Lagi-lagi saya katakan, jangan menggunakan grafis yang terlalu heboh untuk situs web anda. Sebisa mungkin buatlah situs web yang sederhana dan elegan. Niat anda berjualan. Bukan untuk pamer kecanggihan. Kecuali jika yang anda jual memang lagu atau desain grafis. Jika tidak, sebaiknya hindari memasangnya dalam situs web anda. Sebab, bisa membuat akses ke situs web anda lambat.

9. Ingin kaya dalam semalam dengan internet
Mendapat uang dari internet itu mudah. Tapi, tidak bisa anda meraihnya dalam semalam. Anda perlu kerja keras, disiplin, dan fokus. Banyak orang di internet menggemborkan mental cepat kaya. Tapi, jangan terjebak. Kita bisa cepat kaya kalau kita cepat bekerja, cepat bertindak, dan cepat berpikir. Tidak lamban dan malas-malasan. Tidak ada sukses yang bisa diraih dalam semalam. Meski kita sekarang hidup di jaman yang serba instan, tetap tidak ada kaya dengan cara instan.

10. Tidak tahu dimana letak kekuatan internet
Internet diciptakan untuk tujuan komunikasi. Dan kekuatan internet untuk berkomunikasi ini bisa menjangkau jutaan bahkan miliaran orang di dunia. Tidak hanya melingkupi satu negara tapi seluruh dunia. Untuk kemajuan bisnis anda, gunakan internet untuk mengumpulkan informasi tentang calon prospek anda, riset kompetisi, dan menjaring sebanyak mungkin relasi. Internet seperti tambang emas. Asal anda tahu dimana anda harus menggali, anda akan kaya!

Berkomunikasilah dengan baik kepada semua orang! Jangan lupa, bisnis internet itu ya bisnis yang melibatkan orang. Dan internet adalah salah satu cara untuk berinteraksi dengan orang-orang tersebut. Jangan malu-malu dan bersembunyi di balik situs web anda. Munculkan diri anda dan katakan pada dunia bahwa anda memiliki sesuatu yang harus mereka lihat!

Sepuluh kesalahan di atas biasa terjadi dengan pendahulu anda. Saya dulu juga pernah melakukan kesalahan di atas. Dan, saya harap anda tidak melakukan apa yang dulu saya lakukan. Karena anda harus bergerak cepat! Persaingan di bisnis internet semakin ketat. Jangan buang waktu dengan melakukan kesalahan klasik seperti 10 poin di atas. Saya berani jamin, dengan menghindari 10 kesalahan di atas, anda bisa 10 kali lebih cepat sukses dari saya.

Anda tidak percaya? Tidak ada pilihan lain, segera buktikan! Saya nantikan kesuksesan anda.

Salam ACTION!

About Sabila Komputama

Hanung Anggo Yudanto HP : 081226062343

Posted on 13 April 2009, in Bisnis Online and tagged , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. terima kasih artikelnya memberi pencerahan
    salam

  2. Makasih Nih Membantu Sekali

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: