Viral Marketing

Anda tahu istilah viral marketing? Benar! Viral marketing merupakan strategi yang digunakan untuk mendorong seseorang agar menyampaikan pesan pemasaran anda pada orang lain. Manfaatnya pesan anda itu terus menyebar dan meluas dengan cepat. Karena caranya yang seperti metode penyebaran virus itulah maka namanya disebut viral marketing. Bila strategi ini berjalan sukses, bisnis anda bisa melejit dengan sangat cepat.

Istilah kunonya, strategi ini kurang lebih sama seperti ungkapan jawa gethok tular alias dari mulut ke mulut. Tak bisa disangkal keajaiban promosi dari mulut ke mulut memiliki efek yang luar biasa. Karena orang lebih percaya apa kata teman dibanding kata iklan.

Sangat baik bila strategi ini juga anda terapkan dalam bisnis internet anda. Supaya dalam penerapannya bisa berjalan dengan lancar, kita perlu tahu apa saja prinsip yang mendasari viral marketing. Ini dia lima prinsip dasar viral marketing yang perlu anda ketahui.

1. Berikan produk dan layanan. Ini prinsip yang pertama. Untuk menarik minat penyebar pesan, anda bisa memberikan produk dan layanan gratis. Seperti layanan email gratis, produk informasi gratis, software gratis, promosi gratis, dan lainnya. Mengapa memberikan secara gratis? Karena pada dasarnya semua orang suka hal yang gratis, walaupun yang anda berikan sebenarnya tidak besar nilanya. So, prinsip pertama dalam viral marketing, berikan sesuatu terlebih dahulu, baru anda bisa menjual sesuatu!
2. Proses transfer informasi yang mudah. Virus sangat mudah berpindah dari satu orang ke orang lainnya. Nah, anda harus menemukan media apa yang memudahkan virus ini berkembang biak? Transfer informasi bisa berjalan mudah jika media yang anda gunakan juga mudah digerakkan. Misal, lewat email, situs web, software, dan lainnya. So, sebarkan informasi produk anda lewat media-media tadi. Agar orang lain juga tinggal copy atau forward saat ingin menularkan informasi yang mereka terima. Semakin mudah cara penyebaran bisa dilakukan, maka semakin cepat pesan pemasaran anda menyebar.
3. Gali dan bangkitkan motivasi semua orang. Viral marketing yang sukses biasanya mengambil keuntungan dari motivasi yang dimiliki manusia. Apa saja motivasi yang dimiliki manusia? Menjadi terkenal dan mendapatkan uang merupakan dua di antara sekian banyak motivasi manusia. So, buatlah desain strategi pemasaran yang bisa membangkitkan motivasi orang banyak. Misal, buat system kompetisi untuk para viral marketer anda. Mereka yang paling banyak melakukan penyebaran informasi secara cepat menjadi pemenang dan mendapatkan hadiah!
4. Gunakan jaringan hubungan yang ada. Manusia adalah makhluk sosial. Ada yang mengatakan setiap orang sedikitnya terhubung dengan 10 orang. Bisa hubungan pertemanan atau keluarga. Bahkan ada yang punya jaringan sampai ratusan bahkan ribuan orang sekaligus. Banyak tidaknya jaringan yang dimiliki itu tergantung pengaruh dan reputasi orang tersebut. Nah, dalam viral marketing, anda bisa manfaatkan jaringan orang-orang tersebut untuk menyebarluaskan pesan marketing anda.
5. Manfaatkan sumber daya orang lain. Tak harus segalanya anda sediakan sendiri. Anda bisa manfaatkan sumber daya milik orang lain untuk membesarkan bisnis anda. Contoh, dalam affiliate program, orang akan dengan suka rela meletakkan teks atau grafis link tentang situs web anda. Anda bisa juga menulis artikel yang boleh dipasang di situs web atau blog orang lain dengan tetap menyantumkan URL anda. Prinsipnya, semakin banyak orang yang menaruh link anda di situs web mereka, semakin banyak jaringan yang anda buka. Berarti pula semakin besar kemungkinan link anda diklik pengunjung. Dan semakin besar peluang produk anda laku di pasaran.

Selama prinsip-prinsip di atas bisa anda penuhi, anda bisa melejitkan popularitas. Dan, bukan cuma itu, semakin besar peluang anda mendongkrak penjualan anda. Segera praktekkan strategi ini untuk bisnis anda.

Ya, selamat menyebar virus…

About Sabila Komputama

Hanung Anggo Yudanto HP : 081226062343

Posted on 13 April 2009, in Bisnis Online and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: