Tips Memilih Waralaba

Bagi anda yang ingin berusaha namun tidak mempunyai modal yang terlalu besar bisnis waralaba bisa jadi merupakan jawabannya.

Tentunya tidak sembarang waralaba yang bisa anda pilih. Menurut Ketua Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) Anang Sukandar, ada kiat-kiat tertentu dalam memilih usaha waralaba yang baik.

Bisnis waralaba yang baik adalah usaha yang dibutuhkan sehari-hari yaitu makan, minuman, pendidikan, salon, bengkel, bidang ritel.

Selain itu, Anang mengatakan ada beberapa daerah yang berpotensi mengembangkan produknya untuk waralaba seperti di Jawa Tengah dan Jogja makanan dan batik, Bali dengan produk kerajinan kayu dan pakaian.

Anang juga mengingatkan agar para pemodal sebaiknya berhati-hati dalam menentukan mengambil peluang usaha melalui waralaba. Mengingat sekarang ini sering terjadi kerancuan antara waralaba (franchise) dengan business opportunity (BO).

Konsep waralaba yang secara legal dan dalam PP No 42 tahun 2007 dijabarkan bahwa waralaba harus terbukti benar-benar menguntungkan, selain itu proses aplikasi bisnisnya mudah diterapkan dan diajarkan kepada pengambil pewaralaba dan lain-lain.

“Franchise itu sudah pasti business opportunity (BO), tetapi BO belum tentu franchise,” kata Anang di acara seminar franchise di JCC, Jakarta, Sabtu (21/6/2008).

Ia juga mencatat ada dua hal yang penting dalam menentukan waralaba diantaranya masalah keteraturan zona wilayah persebaran unit waralaba di setiap daerah. Apakah pihak pemberi waralaba membatasi para pelaku yang bermain di wilayah tertentu atau tidak. Sehingga tidak terjadi persaingan antar sesama terwaralaba.

Selain itu, mengenai permodalan, ia menilai banyak pemilik waralaba yang terlalu mengabaikan modal karena memaksakan kondisi suatu usaha yang seharusnya modalnya lebih rendah namun ditawarkan dengan modal yang lebih besar.

“Tetapi kita juga tidak mau kita matikan BO, kita juga harus kembangkan. Departemen Perdagangan sebagai pemerintah juga menginginkan seperti itu,” harapnya.

Menurutnya perkembangan franchise dan BO berkembang sangat pesat sejak tahun 2002 telah mencapai 259 unit dengan 212 asing, 47 lokal, tahun 2003 sempat mengalami penurunan dengan jumlah 239 unit diantaranya 190 asing, 49 lokal.

Tahun 2004 mencapai 285 unit dengan 200 asing, 85 lokal. Tahun 2005 sebanyak 366 unit sebanyak 237 asing lokal 129. Tahun 2006 sejumlah 450 sebanyak 220 asing 230 lokal dan tahun 2007 mencapai 700 unit dengan komposisi asing 250 lokal 450.

Hingga kini jumlah franchise dan BO mencapai 850 unit, dengan jumlah outlet mencapai 30.000 unit dengan lapangan pekerjaan langsung 520.000 lapangan pekerja tidak langsung mencapai 1,3 juta.

Ada beberapa produk franchise Indonesia yang sudah mencapai go international diantaranya the auto bridal, J.Co, Sari Bundo dan Natrabu, Daily Bread, Excelso.

Anang banyak menambahkan banyak usaha lokal yang berpeluang dikembangkan melalui pola franchise diantaranya rumah makan etnik, makanan siap saji, berbagai macam soto, macam-macam sate, rumah batik dan kerajinan

Di bidang pertanian diantaranya pembibitan anggrek atau buah, pemeliharaan belut dan kodok, budidaya ikan.

About Sabila Komputama

Hanung Anggo Yudanto HP : 081226062343

Posted on 18 April 2009, in Bisnis Offline, Lowongan, peluang bisnis and tagged . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. salam kenal bang….mohon bantuannya????
    kalo menurut abang waralaba indomaret menguntungkan tidak..apakah sehat atau tidak…..mohon bantuannya….trims

  2. Salam kenal bang….gini bang saya adalah pemula dan awam tentang dunia ush waralaba…sya berminat utk membuka ush waralaba makanan dengan modal dibwh100juta…kira2 yg menguntungkan dan mudah bagi saya yg spt apa ya bang…???mhn blsnnya…trmksh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: