Manajemen Waktu dalam Bisnis

Disamping membuat daftar ‘to do’ dan menggunakannya sebagai panduan untuk bisnis Anda, Anda harus bisa melakukan manajemen waktu dengan lebih baik secara keseluruhan. Yang berarti Anda harus belajar jadwal apa yang terbaik untuk Anda dan bisnis, bagaimana menetapkan tujuan dan mematuhinya, dan bagaimana memprioritaskan tujuan-tujan tersebut.

Hal ini muncul saat Anda bekerja di rumah dimana teman, tetangga, bahkan keluarga berpendapat Anda bisa melakukan apa saja, bertelpon, berkunjung atau sekedar mengobrol karena ada di rumah. Anda harus segera menghilangkan pemikiran tersebut dan membuka hal-hal lain untuk daftar Anda.

Jadwal Kerja Anda
Mungkin ini adalah salah satu pandangan dan aspek yang paling penting dalam menjalankan bisnis Anda. Jika pelanggan tidak menetapkan waktu untuk Anda berdasarkan jadwal mereka, Anda bisa membuat jadwal yang memaksimalkan produktivitas Anda karena sesuai dengan kepribadian dan gaya hidup Anda. Ada banyak pengusaha yang menggunakan fleksibilitas usaha rumahan untuk mengelola waktu mereka yang tidak terpaku pada standar waktu pukul 9 sampai pukul 5.

Ada banyak pengusaha yang lebih memilih jam kerja standar. Ini tergantung pada bagaimana Anda mengelola rutinitas dan apakah Anda bisa melakukan banyak hal dengan jadwal kerja yang berbeda.

Jadwal Standar
Jika Anda berada disisi konservatif dan mencoba berbisnis dengan pihak lain lain yang mungkin berada dalam jadwal ini, maka Anda akan menjadwalkan hari Anda sehingga Anda bisa bekerja pada pukul 8 atau 9 pagi dan berhenti setelah 8 jam atau lebih. Anda bisa melakukan ini selama lima hari dalam satu minggu dan dengan cara ini Anda bisa menikmati akhir pekan.

Kuncinya adalah memiliki area yang terpisah di rumahsebagai kantor yang menandai Anda saat bekerja dan saat Anda menggunakan waktu Anda pribadi. Jika Anda tidak memiliki batasan ini, akan akan dihadapka pada orang-orang yang mencoba mengambil keuntungan bahwa Anda tidak seorangpun yang mengawasi Anda kecuali diri Anda sendiri. Perjelas saat Anda berada di kantor – Anda sedang bekerja dan tidak boleh diganggu. Miliki dua jalur telepon dan jangan menjawab telepon rumah saat bekerja. Ini semua adalah hal yang umum, tapi banyak orang yang membuang waktunya karena tidak menjelaskan hal ini pada pasangan atau anak-anaknya.

Jadwal yang Fleksibel
Salah satu kunci penting bagi orang yang bekerja di rumah dan memiliki bisnis online Andalah menyadari bahwa ketangkasan adalah kemampuan mereka untuk membuat jadwal yang fleksibel. Jika Anda benci bangun pagi, Anda bisa bekerja kemudian selama Anda membuat hari Anda untuk bekerja.

Jika Anda lebih suka bekerja di akhir pekan dan berbelanja di hari biasa, Anda bisa menghemat waktu pribadi Anda pada tugas rumah serta menjadwalkan waktu kerja Anda dengan cerdas. Jika Anda harus menjalankan bisnis tertentu di hari kerja Anda, seperti kantor pos atau bank, maka Anda maka Anda akan mulai tahu saat terbaik melakukannya. Semakin sedikit waktu yang Anda gunakan, semakin banyak waktu yang Anda gunakan untuk bekerja dan menghasilkan uang.

Jangan lupa bahwa jam yang Anda tetapkan dijalankan dengan baik, jika Anda suka bangun bagi. Anda bisa menset alarm Anda seolah-olah Anda pergi ke kantor secara teratur.

Ada beberapa orang yang bekerja sebagai freelancer di tengah malam dan pada jam-jam yang lebih nyaman bagi mereka. Di tengah malam tidak ada gangguan dan kemungkinan terbebas dari gangguan, kebisingan adalah hal yang dibutuhkan bagi programer, penulis, dsb.

Jika seharian Anda sibuk mengasuh anak, Anda bisa menjadwalkan istirahat saat pasangan datang dan bangun lebih pagi untuk menyelesaikan pekerjaan Anda dengan tenang. Anda menghemat uang untuk mengasuh anak tapi masih bisa menjadwalkan waktu untuk bekerja dari rumah. Bagi sebagian orang hal ini tidak menyenangkan, tapi ada sejumlah pengusaha yang mendapatkan ide di malam yang tenang untuk bekerja.

Terakhir, jika Anda memperkerjakan pegawai kontrak di luar wilayah Anda, karena biaya yang lebih murah, Anda perlu membuat jadwal yang memungkinkan Anda menghubungi mereka saat jam kerja. Karena biaya gaji yang lebih rendah, harga yang harus Anda bayar dari jadwal kerja harus memungkinkan untuk menghubungi mereka secara langsung saat mereka ada. Jika tidak, Anda bisa bekerja melalui email dan adanya perbedaan waktu menjadi sangat tidak efektif.

Oleh: Dwayne Garrett
Diterjemahkan oleh: Iin – Tim Pengusaha Muslim.com
(c) Hak Cipta PengusahaMuslim.com, dilarang mengcopy, memperbanyak dan menyalin tanpa menyebutkan pengusahamuslim.com sebagai sumbernya serta dilarang keras mengedit artikel tanpa izin tertulis dari kami.

About Sabila Komputama

Hanung Anggo Yudanto HP : 081226062343

Posted on 30 Mei 2009, in Motivasi and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: