Solusi Murah Lab Komputer Sekolah

Ada beberapa alternatif dalam mencari solusi murah untuk sebuah laboratorium komputer sekolah yang bisa akses ke internet. Titik tekan “murah” di sini adalah menyangkut hardware dan software, baik pada pengadaannya maupun pemeliharaannya.

A. Pemanfaatan LTSP Server dengan RDESKTOP Windows:

Teknologi LTSP (Linux Terminal Server Projeck) dapat digunakan dalam implementasi sebuah laboratorium komputer / internet sekolah. Pada awalnya ini digunakan untuk jaringan komputer berbasis Linux, sejalan dengan adanya semangat IGOS (Indonesia Go Open Source) yang didukung oleh Depdiknas. Namun dalam pelaksanaannya, sekolah-sekolah tidak mendukung Linux, karena soal-soal Ulangan Umum dari Diknas Kabupaten/Kodya selalu berbasis Windows. Akhirnya solusi murah dengan LTSP Server digabungan dengan rdesktop yang disediakan oleh Windows 2003 Server.

1. Komputer Pentium 1/2/3 (Lawas/Bekas) yang dilengkapi LAN Card baru dengan PXE Boot.

Saat ini komputer Pentium 1 atau Pentium 2 sudah sulit didapat, sementara komputer Pentium 3 harganya sekitar Rp 300 ribuan ditambah LAN card yang dilengkapi PXE sekitar Rp 60 ribu. Sehingga harga satu unit PC yang dilengkapi monitor 15 inchi, keyboard dan mouse adalah sekitar Rp 960 ribuan.

2. Komputer Pentium 1/2/3 (Lawas/Bekas) yang dilengkapi LAN Card dan floppy diskdrive untuk booting.

Komputer Pentium 3 harganya sekitar Rp 300 ribuan ditambah LAN card baru tanpa PXE sekitar Rp 25 ribu dan disk drive baru Rp 55 ribu. Sehingga harga satu unit PC yang dilengkapi monitor 15 inchi, keyboard dan mouse adalah sekitar Rp 980 ribuan.

3. Komputer Pentium 1/2/3 (Lawas/Bekas) yang dilengkapi LAN Card dan CD-ROM drive untuk booting.

Komputer Pentium 3 harganya sekitar Rp 300 ribuan ditambah LAN card tanpa PXE sekitar Rp 25 ribu dan CD-ROM drive bekas Rp 65 ribu. Sehingga harga satu unit PC yang dilengkapi monitor 15 inchi, keyboard dan mouse adalah sekitar Rp 990 ribuan.

4. Komputer Pentium 4 (baru) yang dilengkapi LAN card onboard dengan PXE untuk booting.

Komputer Pentium 4 baru (tanpa harddisk dan tanpa CD-ROM drive) harganya sekitar Rp 1.450.000,-. Sehingga harga satu unit PC yang dilengkapi monitor 15 inchi, keyboard dan mouse adalah sekitar Rp 2.100.000,-. Namun tidak semua LAN card onboard baru dikenali oleh SERVER LTSP, sehingga tidak bisa digunakan untuk kloning dengan LTSP.

B. Pemanfaatan Live CD dan Live UFD dengan RDESKTOP Windows:

Teknologi booting Live CD dan booting Live UFD dapat juga digunakan dalam implememtasi sebuah laboratorium komputer / internet sekolah. Saat ini Live UFD atau Live CD bisa berjalan dalam Platform Linux (contohnya MCN Live) maupun dalam Platform Windows (contohnya BartPE). Sehingga sekolah-sekolah yang memilih Linux maupun Windows dapat menggunakannya. Selanjutnya komputer tersebut dapat mengakses rdesktop yang disediakan oleh Windows 2003 Server.

1. Komputer Pentium 4 (baru) dengan Live CD.

Komputer Pentium 4 baru dengan CD-ROM drive (tanpa harddisk) harganya sekitar Rp 1.560.000,-. Sehingga harga satu unit PC yang dilengkapi monitor 15 inchi, keyboard dan mouse adalah sekitar Rp 2.210.000,-.

2. Komputer Pentium 4 (baru) dengan Live UFD.

Komputer Pentium 4 baru (tanpa harddisk dan tanpa CD-ROM drive) harganya sekitar Rp 1.450.000,- ditambah flashdisk (UFD) Rp 70 ribu. Sehingga harga satu unit PC yang dilengkapi monitor 15 inchi, keyboard dan mouse adalah sekitar Rp 2.170.000,-.

C. Pemanfaatan PC-Station dengan RDESKTOP Windows atau dengan Windows Xp/ Home :

PC-Station ini merupakan terobosan baru saat ini. Selain hemat dalam pembelian, juga hemat dalam menggunakan listrik; hanya 5 watt saja. Selanjutnya PC-Station ini dapat mengakses rdesktop Windows 2003 Server atau dengan Windows Home/ Xp.

Harga PC-Station baru sekitar Rp 850 ribuan – 1,1 jutaan. Sehingga harga satu unit PC-Station yang dilengkapi monitor 15 inchi, keyboard dan mouse adalah sekitar Rp 1.700.000,-.

D. Pemanfaatan Software BETWIN untuk Satu PC dengan 5 Monitor:

Software Betwin merupakan software yang berfungsi mengatur peralatan komputer sehingga satu PC dapat digunakan untuk dua sampai enam workstation, optimalnya digunakan untuk empat workstation. Berarti akan ada penghematan biaya pembelian CPU Komputer dan penggunaan listrik untuk CPU juga akan lebih hemat.

Komputer Pentium 4 baru / Dual Core (dengan harddisk dan tanpa CD-ROM drive) harganya sekitar Rp 2.500.000,- ditambah 4 VGA card tambahan @ Rp 200 ribu atau dengan PCI E atau dengan VGA PCI 4-head. Sehingga harga satu unit PC yang dilengkapi dengan 5 monitor 15 inchi, 5 keyboard dan 5 mouse adalah sekitar Rp 2.500.000,- + Rp 800.000 + Rp 3.000.00,- = Rp 6.300.000,- untuk 5 workstation.

Per Workstation seharga Rp 1.260.000,-

Harga-harga di atas adalah harga komputer dengan spesifikasi minimum yang bisa digunakan untuk laboratorium komputer sekolah, yang dapat bekerja normal sesuai kebutuhan kurikulum sekolah yang berlaku.

Spesifikasi komputer masih bisa ditingkatkan lagi jika anggaran keuangan sekolah masih tersedia untuk kebutuhan laboratorium komputer.

About Sabila Komputama

Hanung Anggo Yudanto HP : 081226062343

Posted on 31 Juli 2009, in Artikel IT and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. makasih informasinya.. sangat membantu…. tak tunggu kunjungan baliknya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: